Review Drama Korea The Atypical Family / Although I Am Not a Hero

#SakinahMenulis-Penasaran dengan Jang Ki Yong yang baru selesai Wamil, aku pun mencari-cari judul drama come back terbarunya. Ternyata drama yang dimainkan bareng Chun Woo Hee (pemeran Lee Ro-um di drama Delightfully Deceitful) ini punya tema komedi romantis ala-ala supranatural. Jadilah makin kepo dengan jalan ceritanya, apalagi karakternya melintasi ruang dan waktu gitu kan. Duh asyik gak ya?

Judul    : The Atypical Family / Although I Am Not a Hero
Genre   : Drama - Family - Romantic - Supranatural - Time Travel
Pemain : Jang Ki Yong (sebagai Bok Gwi Jae) dan Chun Woo Hee (sebagai Do Da Hee) dan banyak lagi member keluarga Bok (di bawah aku spill para pemainnya)
Negara/Tahun Launching : Korea Selatan, Mei-Juni 2024
Sutradara : Jo Hyun Tak
Penulis     : Joo Hwa-mi
Episode    : 12 Eps
Skor 1-5  : 3 Bintang ⭐⭐⭐

Sinopsis : Keluarga Bok yang terkenal kaya dan misterius mempunyai kekuatan rahasia yang mengalir pada anak keturunannya. Mereka terdiri dari Ibunya (Bok Man-Heum), kakak perempuan (Bok Dong Hee), adik laki-laki (Bok Gwi Jae) dan cucu perempuannya (Bok I Na). Sudah bertahun-tahun berlalu dengan kekuatan mereka yang tak berfungsi lagi.

Ayahnya (Eom Sun Gu), satu-satunya orang di keluarga yang tak punya kekuatan, mulai berpikir ada yang salah dengan keluarganya. Terlebih anak pertama dan kedua mereka tidak ada yang bisa diandalkan. Semua anggota keluarga sedang sibuk dengan urusannya masing-masing tanpa bisa hidup normal.

Anak kedua mereka (Bok Gwi Ju) sudah menikah. Namun naas, istrinya meninggal dalam kecelakaan dan peristiwa itu membuatnya terpuruk. Gwi Ju menjadi orang depresi dan tidak bisa membesarkan anaknya (Bok I Na) dengan baik. Di hari mereka berlibur, mendadak Gwi Ju linglung dan tercebur ke lautan. Beruntung dia diselamatkan oleh seorang wanita muda bernama Do Da Hee.

Do Da Hee yang penuh misteri, hadir ke dalam keluarga Bok dan pelan-pelan mengurai benang kusut diantara mereka. Saat Ibu Gwi Ju mulai menyukainya sebagai menantu, saat itu dia mengetahui niat jahat yang terselubung wanita itu. Meski dengan kedatangannya, satu per satu kekuatan keluarga Bok kembali, namun Do Da Hee dan keluarga palsunya punya motif untuk menguras kekayaan Keluarga Bok. Di sisi lain, Gwi Ju yang diam-diam menunjukkan ketertarikan dengan Do Da Hee malah membuka diri dan jatuh cinta pada wanita yang menyelamatkannya.


Kekuatan Super, Cinta, dan Pengkhianatan di Drama Korea The Atypical Family 

Drama dengan alur maju mundur begini memang meresahkan. Pasalnya untuk penonton yang tidak sabaran seperti saya, drama ini akan tampak bertele-tele dan kurang menarik. Sangat disayangkan karena jalan cerita tentang kehidupan keluarga super sudah pasti akan menarik. Terlebih ada poin-poin penting dimana penonton menungggu suspense dan ternyata drama ini menyajikan konflik yang datar. Sama sekali di luar prediksi saya jika tema sebagus ini akan dibuat sedatar ini.

Sungguh, sejujurnya aku suka sekali dengan tokoh-tokohnya yang punya karakter kuat dan perwatakannya bagus. Namun jalan cerita terlalu rumit dan kisah cintanya kurang mendebarkan. Padahal akting Jang Ki Yong dan Chun Woo Hee sudah pool habis-habisan. Tapi karena pengelolaan konflik cerita terlalu landai, penonton tidak jadi greget. Maaf, kritikku sungguh terlalu.

Nilai plus : Drama ini berakhir dengan bahagia (Happy Ending), saya sangat suka setiap tokoh memerankan karakternya dengan totalitas.

Nilai minus : Jalan cerita bertele-tele, ada plot yang melompat-lompat, serta pengelolaan konflik yang kurang dahsyat.

Demikian pendapat saya tentang drama ini. Jika kamu punya pendapat yang berbeda, feel free buat sharing di kolom komentar. Apalagi kalau mau bahas soal aktris cilik cantik pemeran cucu perempuan si Bok I Na yang rame dibahas netizen. Hayuk!

Ditulis oleh : Sakinah Annisa Mariz

24 comments

  1. FYI meski aku agak sebel dengan jalan ceritanya yang berputar-putar, drama ini tetap asyik ditonton sampai habis kok. Apalagi ada peran anak sekolahnya, Crush si Bok I Na yang cakeep banget, Moon Woo Jin (sebagai Ha Jun Woo), dia juga main sekilas di drama Castaway Diva, kayaknya nih anak bakal sukses jadi aktor dewasa korea di masa depan. Cakep dan gemesin banget ini pasangan anak sekolahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada mention 'cakep', Iyah langsung nonton sih kak wkkw. Layak di maratonin ini drama haha.

      Delete
  2. Oke cuma 12 eps, masuk waiting list dulu, lagi marathon Anime soalnya.

    ReplyDelete
  3. Udah lama ngga nge-drakor. bisa masuk list ini.

    ReplyDelete
  4. Aku ngikutin setengah jalan doang kak, soalnya lama-lama kok boring yaaa. Do Da Hee pura-pura mati biar Gwi Ju sedih, si Dong Hee yang tetep bulol sama pacarnya. Akhirnya aku skip dan nonton episode finalnya doang.

    ReplyDelete
  5. Ow noo... Ini kayaknya udah awak donlot, tapi belum ditonton... Jadi gak awak baca dulu ya, Kinaaaa... Wkkk... Cukup tahu baca bagian plus n minusnya aja...hehehe..
    Bagus lah HE, kalau sempat BE, bisa kuhapus itu donlotanku... Wkkk

    ReplyDelete
  6. drama korea cukup sering ya punya genre drama romantis supranatural hehe

    ReplyDelete
  7. Masukkkk listttt. Makasiiii, Kak Kinnnnn

    ReplyDelete
  8. Masok list dulu. Keknya mayan seru ya kak
    Tx u ulasannya kak Kina

    ReplyDelete
  9. Sudah lama tak lagi nonton drama korea, sejak tahun 2018. Lama juga, ya, Kak? Haha. Setiap lihat trailernya atau baca review²nya, tertarik sekali hati ini ingin memulai kembali hobi yang telah lama hilang. Namun, rasanya tak nikmat, kalau bukan idol awa yang memerankannya. Haha.

    ReplyDelete
  10. Kakak dr baca sinopsis, krg menarik, mending skalian crta vampir hehe. Tp review kinah bagus dan jujur. Love it 👍🏼👍🏼

    ReplyDelete
  11. Agak bingung kenapa cuma cewek itu yg bisa. Cuma flash back pernah ditolong. Tapi terselamatkan sama visuak jang ki young.

    ReplyDelete
  12. Nonton nya di Netflix ya dek? , aku baru hapus Netflix haha ntar deh dunlut lagi

    ReplyDelete
  13. Udah lama banget gak nonton drakor. Awalnya tertarik buat nonton ini karena pernah dengar dari teman. Tapi setelah membaca ulasan kakak, jadi tidak minat lagi menontonnya. Untung waktu saya tidak dihabiskan dengan menonton yang kurang greget heheh

    ReplyDelete
  14. Makasih kak udah ngasih ulasan yang jujur, jadi tidak sia sia menghabiskan waktu untuk nonton ini hehehe

    ReplyDelete
  15. Setelah nikah gak pernah nonton drakor lagi. Ya seenggakny jadi tau revieny lewat tulisan kakak😁

    ReplyDelete
  16. Gapernah punya gairah untuk nonton KDrama. Cuma keknya ini bolehlah dicoba kapan-kapan. Cukup menarik.

    ReplyDelete
  17. Baca reviewnya jadi pengen nonton kak. Cocok banget dimasukin di wishlist biar pas me time bisa nonton

    ReplyDelete
  18. Cocok jadi bahan tontonan drakor disaat me time aku kak. Belum nonton film ini soalnya kak. Lagi cari waktu untuk nontonnya kak

    ReplyDelete
  19. alur ceritanya seru banget dan bikin greget. pengen segera nonton kak, di mana ya aku bisa nonton drama ini?

    ReplyDelete
  20. Sempat nonton ini beberapa episode tapi aku drop karena greget lama banget alurnya bertele-tele. Padahal aku expect-nya tentang keluarga dengan kekuatan super bakalan seru kayak drama "Moving"

    ReplyDelete
  21. Sebelum nikah masih suka nonton drakor, tapu setelah nikah udah jarang benget nonton drakor nih kak. Karena bagi awak, drakor buat candu yang bawaannya pengen begadang nonton sampe selesai hahaha

    ReplyDelete
  22. Jadi ingat pengin revie drakor Birth of Beauty belum jadi2 😁. Makasih ulasannya Kina, bikin penasaran

    ReplyDelete
  23. Dah lama gak nontonn drakor. Gak begitu hapal dengan nama-nama pemain diatas. Biasanya drakor yang aku tonton itu yang genre thriller

    ReplyDelete

Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih.

Literasi Digital